Sunday 23 April 2017

Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid

Tutorial Excel Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid - Untuk blog belajar excel ini saya minta maaf karena hanya bisa posting satu hari satu kali ketika saya berada di tamanan bondowoso guys. Mumpung sempet, posting nya di warnet ne. Warnetnya mau nutup lagi. Wkwkwkwk. Fungsi teks adalah memecah karakter atau kata yang berada pada sebuah cell atau tulisan. Misal kata INDONESIA mau kita pecah menjadi IND --> ONE --> ESIA. Maka kita dapat menggunakan rumus fungsi teks yang ada 3 yaitu Left, Mid dan Right. Pelajari dulu tentang Penjelasan Rumus Concatenate.

Macam-macam Rumus Fungsi Teks - Ada 3 rumus yang akan kita pelajari disini yaitu Left, Right dan Mid. Rumusnya seperti ini guys :
  • =left(sel acuan, banyaknya karakter dari kiri)
  • =right(sel acuan, banyaknya karakter dari kanan)
  • =mid(sel acuan, awal karakter nomor berapa, banyaknya karakter)
Jika kita tulis dalam bahasa inggris atau rumus dasar dari excel itu sendiri akan menjadi seperti ini guys :
  1. =left(text, num of char)
  2. =right(text, num of char)
  3. =mid(text, start num, num of char)

Video Tutorial : Penjelasan Tentang Fungsi Teks Left Right Mid

Rumus Fungsi vs Rumus Concatenate - Jika pada tutorial excel sebelumnya saya membahas banyak hal tentang concatenate, maka sekarang kita akan banyak membahas tentang fungsi teks ini ya. Perbedaan terletak pada concatenate adalah menggabungkan beberapa teks sedangkan fungsi teks left right mid ini adalah memecah teks menjadi beberapa bagian seperti yang berada pada video tutorial diatas guys. Sangat mudah koq untuk memahaminya. Tinggal penggabungannya dengan rumus if dan value yang akan sedikit berbeda. :). Seperti pemahaman pada artikel ini Jenis-jenis Tipe Data dalam Excel.
Download
Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid


EmoticonEmoticon