Friday 11 November 2016

Mengenal Jendela Microsoft Excel 2007

Mengenal Jendela Microsoft Excel - Halo apa kabar temen-temen semua. Ini adalah postingan pertama saya tentang microsoft excel. Ada banyak versi untuk microsoft excel yang bisa kita pelajari. Misal standard di indonesia yang masih banyak digunakan adalah Microsoft Excel 2007. Kemudian orang-orang mulai beralih pada microsoft excel 2010 tetapi kesimpulan mereka masih kurang nyaman dengan office 2010 karena ada beberapa format yang tidak cocok ketika proses ngeprint. Berikutnya Office 2013 yang ini lumayan guys dan saya di beberapa kesempatan dan laptop yang saya miliki menggunakan Microsoft Office 2016 juga.

Tampilan Utama Microsoft Excel - Jika temen-temen pernah belajar Microsoft Excel 2003, pasti ada perbedaan yang sangat drastis dari tampilan office 2016 yang akan kita pelajari nantinya. Jika di excel 2003 kita mengenal istilah menu bar maka di office di atasnya baik dari 2007, 2010, 2013 dan 2016 kita mengenal istilah ribbon. Ya ribbon ini adalah pengganti dari menu bar tersebut. Sama aja koq fungsinya. Apalagi temen-temen sudah memiliki dasar ilmu excel pasti gampang deh belajar excel disini.

Gambar 1 : Tampilan Utama Microsoft Excel

Mengenalan Microsoft Office Excel - Microsoft sendiri merupakan perusahaan pembuat software seperti windows dan office yang didirikan oleh Bill Gates di Amerika sana ya. Office sendiri berarti perkantoran, aplikasi ini memiliki banyak perkembangan nama dan Office dipilih karena sesuai dengan fungsi utama dari aplikasi ini. Sedangkan excel adalah aplikasi pengolah data dan angka yang akan kita pelajari secara detail kali ini guys. Sedangkan versi yang banyak digunakan dipasaran atau perkembangannya adalah Microsoft Office 2000, 2002/XP, 2003, 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Gambar 2 : Office Button dan Quick Access Toolbar

Gambar 3 : Tampilan Ribbon, Name Box dan Formula Bar

Gambar 4 : Worksheet atau Kertas Kerja, Sheet dan Status Bar

Kertas Kerja atau Worksheet - Berbeda dengan microsoft word yang kita gunakan. Nama kertas kerja adalah workbook, microsoft power point kita mengenal slide sedangkan kertas kerja di excel kita menyebutnya dengan worksheet. Pada dasarnya worksheet yang kita lihat akan berbentuk seperti tabel. Sudah tahu kan 4 komponen tabel yaitu : kolom, baris, cell dan range. Setiap cell / kotak pada excel memiliki nama guys, bisa dilihat pada namebox guys.
Download
Mengenal Jendela Microsoft Excel 2007


EmoticonEmoticon